Agenda Komite

- 22 -
August
2020

Pameran Seni Rupa Pagebluk

Oleh:Departemen

Tempat :
Jam : 09.00


Sejak ditemukannya teknologi fotografi pada pertengahan abad 19 yang lalu, maka paradigma seni rupa pun mulai mengalami pergeseran yang sangat drastis. Kecenderungan untuk berkarya seni secara natural realis mulai dikurangi sebab teknologi fotografi dianggap lebih detail dan lebih mirip dalam memindahkan objek alam yang sebenarnya ke-atas bidang dua dimensional. Sebelumnya nilai karya seni cenderung diukur dengan kemiripannya dengan alam, semakin mirip dengan objeknya maka semakin tinggilah nilainya, maka wajarlah jika aliran yang berjaya saat itu terbatas pada naturalis dan realis. Namun memasuki akhir abad 19 atau sekitar 1860-1900 (Rise of the Avant-Garde) berbagai aliran baru bermunculan baik dibarat maupun Eropa, diantaranya Impressionism, Arts and Crafts, Art Nouveau, Symbolism, Salon de la Rose+Croix, maupun Jugendstil. Aliran-aliran baru inipun segera memperkenalkan teknik-teknik baru dalam berkarya seni rupa. Misalnya Impressionisme yang menemukan teknik baru dalam melukis dengan hanya menangkap kesan cahaya yang ditimbulkan oleh objek yang dilukis, karya-karyanya pun cenderung mengabaikan finishing ataupun detail dari objek, namun lebih menekankan pada kekuatan goresan yang tegas dan dapat mewakili objek dalam kanvas.

Memasuki awal abad 20, sekitar 1900-1918 (Modernism for a Modern World) bermunculanlah aliran-aliran baru lainnya seperti Faufism,

Ekspressionism, Cubism, Futurism, Constructivism, pittura Metafisika, Dada, maupun De Stijl, karya-karya seni yang dihasilkanpun cenderung lebih bebas, individual dan subjektif, serta cenderung meninggalkan kaidah-kaidah estetika yang sewajarnya. Pengaruh perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi perlahan-lahan mulai tampak nyata, hal tersebut terlihat dalam karya-karya kubisme yang cenderung menampilkan objek-objek dari eksploitasi bentuk-bentuk kubus dan kotak, futurism yang hanya melakukan pengulangan dari satu objek menjadi banyak dan unik.


Department

-29 August 2020-
Seminar dan FGD Dept. Hukum

-28 August 2020-
Rapat Kerja Villa Medianna

-26 August 2020-
Jatim Harmoni ditengah Pandemi


Komite

-10 December 2018-
Anugerah Pemenang Sayembara Naskah Lakon Dk Jatim 2018

-30 November 2018-
Sayembara Naskah Lakon DK Jatim 2018

-05 November 2018-
Temu Karya Tari Jawa Timur 2018


Lintas Komite dan Departemen

-28 September 2018-
Rapat Pleno DKJT

-26 September 2018-
Rapat Koordinasi DK se-Jatim

-06 August 2018-
Pidato Kebudayaan Menyongsong Kepemimpinan Nasional 2019