Berita

Art Road Show DK Jatim ke Kaltim

Oleh :Dept. Kerjasama dan Kehumasan

Dalam rangka acara Begenjoh 2018 yang diadakan di Samarinda - Kalimantan Timur pada tanggal 3-5 Maret 2018 kemarin, Dewan Kesenian Jawa Timur berkesempatan hadir memenuhi undangan dari Dewan Kesenian Kaltim.

Sebuah acara kultural yang menggabungkan gelaran seni pertunjukan dan acara-acara lainnya. BEGENJOH bisa dimaknai sebagai “bergembira bersama”. Artinya, semua pengisi acara dan pihak yang hadir dalam gelaran di Kota Samarinda, Kalimantan Timur ini bisa merasakan kegembiraan dalam berkebudayaan secara bersama-sama.

Acara Begenjoh 2018 ini terdiri dari berbagai rangkaian acara diantaranya perjamuan seni, workshop (sastra-tari-musik-film), pameran lukisan, Rembuk Etam, rapat kerja Dewan Kesenian Daerah, serta penampilan ragam kesenian lintas etnik.

Acara pembukaan Perjamuan Nasional tersebut sendiri di buka oleh Gubernur Kalimantan Timur, Awang Faroeq. Dalam acara pembukaan disajikan tari-tarian khas Kalimantan Timur dan dalam kesempatan ini Dewan Kesenian Jawa Timur menampilkan tari Gandrung Banyuwangi. Tujuan utama dari acara Perjamuan Nasional adalah untuk mensinergiskan pemikiran dari seniman dan budayawan serta Dewan Kesenian seluruh Indonesia menyambut Kongres Kebudayaan yang rencananya akan digelar pada Oktober 2018.

Selain itu Ketua DK Jatim, bapak Taufik Hidayat pada acara Rembuk Etam berkesempatan duduk bersama Ketua DK Sulteng bapak Hapri Ika Poigi, bapak Irawan Karseno dari DK Jakarta, Ketua DK Samarinda dan juga bapak Hamdani dari DK Kaltim dalam rangka rembuk bersama tentang pentingnya Kesenian. Acara Rembuk Etam ini ikut dibuka dengan penampilan tari Remo yang dibawakan oleh ketiga penari yang berasal dari STKW, Surabaya dengan sangat gagah.

Tidak hanya itu, rombongan Dewan Kesenian Jawa Timur dan delegasi Dewan Kesenian lainnya diberikan kesempatan untuk menyusuri indahnya sungai Mahakam dengan kapal wisata. Dalam kesempatan ini rombongan DK Jatim mendapatkan sebuah pengalaman yang luar biasa yaitu melihat keindahan senja dari atas kapal, dan keindahan tepian kota Samarinda di malam hari.



Berita Lain

04-04-2018

Kampung Seni di Surabaya Masih Eksis


16-03-2018

Art Road Show DK Jatim ke Kaltim


08-02-2018

Rapat Kerja Dewan Kesenian Jawa Timur 2018


21-12-2017

Rapat Pleno DK Jatim 2017


09-12-2017

Pagelaran Ludruk Arboyo, Media Sosialisasi UU Pemajuan Kebudayaan