Berita

East Java Young Artist Festival

Oleh :Komite Seni Rupa

Hadirnya seniman muda di suatu wilayah akan memunculkan warna baru dalam dinamika seni rupa.

Para seniman muda yang lebih banyak beraktivitas kesenian di kotanya masing-masing, membuat Dewan Kesenian Jawa Timur (DKJT) berinisiatif membuat gelaran "East Java Young Artist Festival (EJAF)" sebagai wadah untuk menggalang semua seniman muda dari seluruh wilayah Jawa Timur.


Event EJAF yang digelar mulai Selasa (28/11/2017) hingga Sabtu (02/12/2017) di Hotel Singgasana Surabaya, mengusung tema ‘Narrative Fragment’. Tema tersebut dipilih untuk melihat persoalan-persoalan saat ini di mata seniman muda Jawa Timur, kemudian dituangkan melalui karya-karya mereka.

Sebanyak 45 seniman muda mulai usia 18 tahun hingga 27 tahun, terpilih berdasarkan pertimbangan para tim curator, yaitu Dwiki Nugroho dan Aditya Nirwana. Di antaranya, pencapaian artistik dan ide kreatif yang diekspresikan lewat karya.

Karya yang cukup menarik, dari Damara Destrian bertajuk ‘Noto Awak’, Ia menggunakan media berbeda dari yang lain, yaitu media kain dan benang. Damara menyoroti realitas kehidupan masyarakat kota asalnya Tuban, dan menuangkan tradisi yang terjadi di Tuban ke dalam sketsanya.

Pada Acara pembukaan kemarin para pengunjung terlihat antusias menyaksikan acara ini. Ada penampilan Tari Gandrung dan juga aksi biola cilik dari adik Jawa Nur Alam. Selain itu acara ini dibuka oleh Ketua DK Jatim bapak Taufik Monyong, Kepala Disbudpar Jawa Timur dan GM Singgasana Hotel Surabaya. Acara pembukaan pada tanggal 28 November kemarin resmi dibuka ditandai dengan pemukulan gong serta aksi melukis di atas kanvas oleh ketiganya.

Pameran ini masih akan terus berlangsung hingga 12 Desember 2017, jadi yang belum mampir langsung saja datang ke Singgasana Hotel Surabaya.

Yang Muda Berdaya Yang Muda Berkarya



Berita Lain

09-12-2017

Pagelaran Ludruk Arboyo, Media Sosialisasi UU Pemajuan Kebudayaan


07-12-2017

East Java Young Artist Festival


27-11-2017

Jatim Art Forum 2017


21-10-2017

Festival Musik Bambu


10-10-2017

Temu Koreografer Muda Jawa Timur