Berita

Jatim Art Forum 2018

Oleh :Dept. Penerbitan dan Penyebaran

Jatim Art Forum tahun 2018 kali ini diselenggarakan di Pasar Turi Baru Surabaya. Berlangsung mulai dari tanggal 10 - 20 Mei 2018 serangkaian acara Jatim Art Forum ini berjalan lancar. Setiap harinya di gelar bazar kuliner khas Jawa Timur dan juga musik performance.

Selain bazar kuliner khas Jatim, terdapat juga acara Painting Exhibition di lantai G Pasar Turi Baru yang berlangsung mulai dari tgl 14 Mei - 20 Mei 2018 dan di buka oleh Ketua Dewan Kesenian Jawa Timur serta bapak Khoirul Anwar dari Pemprov Jatim. Pada tanggal 14 Mei ini juga terdapat pertunjukan Jaranan dari Turonggo Seto Kinasih.


Acara puncak sendiri sebenarnya baru di mulai tanggal 19 Mei 2018. Pembukaan acara Jatim Art Forum 2018 ini dilakukan oleh ketua Dewan Kesenian Jawa Timur, bapak Taufik Hidayat dan bapak Hadi Wawan dari biro Kesos Pemprov Jawa Timur. Suasana pada hari itu sangat riuh ramai penonton meskipun sedang dalam bulan puasa.
Dari pagi hari sudah berlangsung lomba mewarnai untuk anak-anak yang juaranya juga langsung diumumkan pada siang hari.

Selain itu terdapat juga penampilan khas Jawa Timur mulai dari tarian jaranan dari HIPREJS, tari pisang Agung dari Lumajang, penampilan musik Ul Daul dari Pamekasan, tari Jaran Buto dari Banyuwangi, musik rengel dari Tuban dan juga grup musik Pa'Beng Pariopo dari Situbondo. Sedangkan pada hari Minggu 20 Mei 2018 sebagai penutupan acara di gelar penampilan dari Barong Kediri Sabtu Pahing.

Tidak hanya menampilkan performance khas yang syarat budaya Jawa Timur, para penggiat seni ini juga berkesempatan mendapatkan sewa kios gratis di Pasar Turi Baru selama 1 tahun. Hal ini merupakan kerjasama dengan pihak Pasar Turi Baru demi menciptakan Creative Art Space Mall di Jawa Timur. Dan dengan adanya kios-kios ini para penggiat seni daerah bisa mempromosikan produk-produk khas daerah mereka serta mengadakan kegiatan seni secara leluasa.



Berita Lain

18-07-2018

Ketua Dewan Kesenian Jawa Timur Sutradara di Balik Drama Kolosal Perjuangan M Jasin pada HUT Bhayangkara di Polda Jatim


18-07-2018

Jatim Art Forum 2018


18-07-2018

Seminar Konsolidasi Kebudayaan Untuk Menggagas Penguatan Regulasi Strategi Pemajuan Kebudayaan


18-07-2018

Mendikbud Jadikan Hardiknas Sebagai Momentum Introspeksi


04-04-2018

Kampung Seni di Surabaya Masih Eksis