Berita

Kampung Seni di Surabaya Masih Eksis

Oleh :Dept. Kerjasama dan Kehumasan

Di Surabaya terdapat “Kampung Seni” yang letaknya di belakang Taman Hiburan Rakyat (THR). Kampung seni ini berkontribusi dalam melestarikan dan melahirkan seniman-seniman baru berbakat di Surabaya. Bangunan yang berdiri sejak tahun 1988 ini terdapat seniman yang tak hanya dari Surabaya saja, tetapi juga ada dari daerah lain, seperti Kediri, Ponorogo, Nganjuk, dan masih banyak lagi.

Di areal kampung seni ini terdapat pemukiman dan gedung pertunjukan untuk para seniman berkarya. Hingga saat ini di terdapat para seniman yang tinggal di pemukiman ini terdiri dari seniman Ludruk, Wayang Orang dan Ketoprak yang berjumlah 22 kepala keluarga. Selain itu terdapat empat gedung di dalam area kampung seni yaitu gedung Pringgodani, Srimulat, Irama Budaya dan Wushu. “Tetapi hanya terdapat tiga gedung yang masih berfungsi yakni gedung Wushu yang dahulu pernah digunakan Chris John yang petinju itu berlatih wushu,” kata Sugeng Rogo, pegiat seni di gedung Pringgodani.

Kampung seni juga turut dijadikan latihan dan sarana belajar untuk anak sekolah dasar hingga perguruan tinggi, tetapi untuk saat ini gedung-gedung di sini jarang untuk pementasan wayang orang maupun ketoprak.

sumber : Radar Surabaya



Berita Lain

25-08-2018

Penghargaan Sayembara Sastra 2018


25-08-2018

Parade Komposer Muda Jawa Timur


16-08-2018

Malam Anugerah dan Penghargaan Film Pendek SMK se Jatim 2018


16-08-2018

East Java Young Artist Festival, Wadah Bagi Para Seniman Muda di Jatim


18-07-2018

Ketua Dewan Kesenian Jawa Timur Sutradara di Balik Drama Kolosal Perjuangan M Jasin pada HUT Bhayangkara di Polda Jatim